Beberapa Pengaturan untuk Template Revit (part 2)

By | 24 September 2018

Membuat Hatch.

Di dalam Revit kita juga bisa membuat hatch yang nanti akan bisa kita tampilkan dalam potongan. Berikut contoh untuk membuat custom hatch. Menu ada di ribbon  Manage –> Additional Settings –> Fill Patterns

2018-09-23_142310

Setelah itu akan terbuka jendela Fill Patterns. Kita akan membuat custom pattern dari file PAT yang kita download dari internet. Ada dua macam pattern yaitu model dan drafting. Kita hanya akan membuat yang drafting saja. Kita clik new pattern dan akan terbuka jendela untuk membuat pattern baru.

2018-09-23_142758

Nah disini ada dua pilihan kita akan membuat pattern berdasarkan garis- garis atau dari file PAT yang kita download dari internet. Saya akan menunjukkan cara untuk membuat dari file PAT. yaitu kita pilih custom pattern. Kemudian browse file PAT yang sudah didownload. Kalau di preview tidak nampak, kita atur – atur di bagian import scale.

2018-09-23_144747

Line style, Line Weight dan Line Pattern

Line style dibuat berdasarkan Line Weight dan Line Pattern.  Untuk pengaturan Line Weight dan Line Style sangat mudah tanpa tutorial. Jadi saya hanya akan menunjukkan bagaimana membuat Line Pattern. Kita klick menu Line Pattern kemudian akan kita akan membuat line paatern berdasarkan garis dan titik. Contohnya adalah seperti gambar dibawah ini. Type kita pilih Dash (garis) atau dot (titik) kemudian space (ruang kosong) dan value adalah panjang dari dash atau space.

2018-09-24_052159

Setting yang lain – lain nanti bisa kita atur sesuai kebutuhan pada saat membuat gambar 2D jadi kita biarkan default saja. Karena yang terpenting sudah kita laukan pada saat load Family semisal grid head maupun section head dan callout head.

Tinggalkan Balasan