Insert 2D Family dan Cara Penggunaanya.

Kita sebelumnya telah membuat 2 Family 2D yaitu Grid Head dan Section Head. Dari dua contoh tersebut saya yakin teman – teman sudah bisa untuk membuat Family 2D yang lainnya seperti Level, reference, view name dll. Sekarang saya akan menunjukkan bagaimana family – family yang telah dibuat kita load ke dalam template agar bisa langsung kita gunakan kedalam project. Kita buka project template kemudian kita load Grid Head dan Section Head dari menu ribbon Insert—>Load From Library—>Load Family.  Setelah Family terload, kita akan membuat type berdasar family yang kita load. Sebagai contoh kita telah loada Grid Head dan Section Head. Untuk itu kita mulai dari membuat grid. Kita klik menu ribbon Structure (atau Architecture sama saja) –> Datum – > Grid. Kemudain pada jemdela properties kita clik Edit Type.

180825_05

Kemudian kita rename dan di bagian Symbol kita pilih type yang sesuai dari family yang sudah kita buat. Kita juga bisa membuat pengaturan yang lainnya semisal warna garis maupun ketebalan garis.

180825_06

Kemudian contoh pembuatan type Section adalah seperti ini. Kita clik pada menu ribbon View –> Create –> Section.  Kemudian Edit Type dan kita atur sedemikian rupa dan pilih Section Head sesuai dengan peruntukannya seperti pada label yang sudah saya buat dalam artikel Membuat Section Head.

180827_1

Untuk Callout Tag kita clik pada … isian callout tag. Maka akanmuncul jendela type callout tag. Disini kita rename nama type calloutnya dan pilih callout head yang kita inginkan. Kemudian clik OK. Demikian juga pada type Sectionnya langkahnya sama.

Section dengan reference adalah jika kita mempunyai 2  section yang sama namun ingin kita tunjukkan dalam denah tanpa membuat gambar 2D pada masing – masing section. Jadi hanya 1 section saja yang dibuat 2D sudah mewakili 2 section. Caranya adalah create section kemudian pada menu ribbon Reference kita centang pilihan reference other view, lalu pilih section yang kita jadikan reference. Selain section lain kita juga bisa menggunakan sketch 2D dengan membuat drafting view.

180827_3          180827_3a

Dibawah ini adalah contoh penggunaan section dan keterangan di section head. Saya akan jelaskan dengan nomor – nomor yang tertera pada gambar.

180827_4

  1. 01 menunjukkan pada detail number plan yang kita buat. Walau saya lihat jarang perusahaan di Indonesia yang memberi nomor pada denah. Jika teman – teman tidak mau pakai bisa hapus centang di Family Section Head.
  2. Section tersebut sama persis dengan section paling kiri. Terkadang kita perlu menunjukkan letak detail yang sama pada denah.
  3. 2 adalah detail number section .
  4. S.2 adalah nomor sheet (lembar) dimana section tersebut ditempatkan.
  5. Seperti yang sudah saya tuliskan. Ada banyak section di sebuah project. Terkadang kita membuat section 01 di denah. Pas di detail kita juga membuat section 01. Nama yang sama tidak bisa digunakan dalam revit. Maka kita bisa mengubahnnya di Title on sheet. Seperti dalam contoh diatas seharusnya section 2 bukan section 1.

 

Merubah Detail number dan Title on Sheet bisa kita lakukan di jendela properties. Detail Number ada dibagian Graphics dan Title on Sheet ada di bagian Identity Data

180827_5              180827_6

Tinggalkan Balasan