Konseptual Desain dengan Mass Model

By | 3 January 2018

Ada banyak faktor untuk menentukan bentuk bangunan. Desainer sering memutuskan bentuk bangunan yang diusulkan sebelum menentukan bagaimana denah ruang dalamnya. Ini bisa jadi sebagai tanggapan terhadap pembatasan bangunan, seperti persyaratan jarak dari jalan raya (garis sempadan) . Desain bangunan yang tinggi juga sering harus memenuhi peraturan yang mempengaruhi bentuk menara. Desainer, pemilik atau klien mungkin memiliki gagasan yang telah terbentuk sebelumnya tentang ukuran, atau bentuk bangunan yang diusulkan yang akan menuju pada proses perancangan

Kemampuan untuk menunjukkan kepada klien dengan sketsa 3D yang dapat dipahami pada awal proses perancangan sangat penting bagi keberhasilan sebuah proyek.

Revit memiliki alat yang memungkinkan desainer untuk membuat bentuk bangunan 3D, atau mass dengan cepat. Ada Family Mass yang bisa digunakan ke dalam sebuah proyek, Anda dapat menggunakan in-place masses untuk membuat sket 3D secara langsung. Mass dapat diedit dalam banyak cara, dan kemudian diubah menjadi komponen bangunan seperti lantai, dinding, dan atap.
Place Mass
Place Mass memungkinkan anda untuk mengambil mass yang sudah dibuat dari Revit library.
Mass dari load Family mempunyai  properti yang bisa anda sesuaikan.
In-Place Mass
In-Place Mass akan membuka tab Model-In-Place Mass.
Anda bisa mengkombinasikan solid mass dan void mass untuk membentuk mass yang anda inginkan
Membentuk Elemen Bangunan dari Mass
Model by Face memungkinkan kita untuk merubah Mass yang sudah kita buat menjadi elemen bangunan semacam tembok, lantai ataupun atap.
Vertical exteriors dapat kita ubah menjadi  tembok (walls) dengan memilih menu Model by Face > Wall.
Ketika sebuah model  mass dibuat atau ditempatkan pada project , anda dapat  membuat banyak Mass Floor untuk setiap level yang nanti kita convert menjadi lantai (floor).
Mass Floors kita ubah menjadi floors dengan menu Model by Face > Floor.
Model by Face > Curtain System memungkinkan kita untuk  membuat panel systems wall (dinding panel)
Model by Face > Roof merubah  horizontal or yang hampir horizontal faces menjadi roofs (atap)

The Show Mass icon di tab menu Conceptual Mass panel memungkinkan kita untuk memunculkan atau menyembunyikan bagian Mass.

Leave a Reply