Membuat Drawing Titleblock (Part 2)

By | 17 Juli 2018

Pada artikel sebelumnya kita sudah mencoba untuk membuat Titleblock untuk halaman cover. Sekarang kita akan membuat Titleblock untuk halaman isinya yaitu halaman gambar. Kita save as titleblock untuk halaman cover menjadi file baru misalnya kita beri nama titleblock_gambar.

Setelah itu kita ungroup judul di cover dan hapus kecuali logonya. Setelah itu lebar logo kita atur agar memudahkan nanti dalam memasangnya di etiket / label dalam titleblock. Caranya clik pada image logo kemudian di jendela properties kita sesuaikan lebarnya yaitu menjadi 150mm.

18718_01

Kemudian kita membuat line di sisi kanan atas. Pastikan line dimulai dari garis border area gambar. Ciri-cirinya adalah line border area gambar akan menyala menjadi biru. Demikian juga waktu kita mengakhiri line juga harus menyentuh area border gambar bagian bawah.

18718_02

Kemudian kita akan membuat line – line untuk membaginya. Juga teks biasa yaitu teks yang tidak akan berubah – rubah. Kita membuatnya dengan menu Text bukan Label.  Beberapa sesuai dengan keinginan teman – teman akan seperti apa nantinya informasi yang akan teman – teman munculkan di title block sebagai contohnya saya membuat yang seperti gambar dibawah ini.

 

Saya membagi menjadi 2 bagian yang nantinya akan saya perbesar dan kita tambahkan label dan juga schedule. Kita akan mulai dari yang paling gampang yaitu bagian 1. Untuk bagian 1 ini kita akan membuat skedul revisi. Caranya adalah click menu tab Create –> Revision Schedule.

18718_05

Kemudian akan terbuka jendela revision properties. Pada tab Field akan saya masukkan juga issued by dan issued to sebagai checker dan aprover . Selain itu saya juga akan memasukkan author sebagai designer di project ini. Caranya kita ganti pada select available field from : ke project information (1).  Urutannya bisa kita ganti ganti dengan pilih pada schedule field in order(2)  lalu clik tanda panah ke atas atau bawah.(3)

18718_06

Kemudian pada tab sorting kita lewati. Dan pada tab formating, field – field yang kita masukkan tadi yang akan menjadi judul. Kita bisa edit judul yang  akan tampil misalnya Revision Number akan kita singkat menjadi rev. Caranya kita click field lalu Editnya di Heading. Heading orientation : Horizontal kemudian Aligment : Center.  Semua dapat kita ganti sesuai dengan judul apa yang kita inginkan. List yang saya buat adalah seperti berikut.

  • Revision sequence : tidak dirubah karena field kita hidden
  • Revison number : Rev.
  • Revision Description : Description
  • Revision Date : Date
  • Author : Drawn by
  • Issued by : Checked by
  • Issued to : Approved by

 

18718_07

Kemudian pada tab Appearance pada Height kita pilih User Defined (1) kemudian  hilangkan centang pada blank row before data(2) . Dan pada Text saya menggunakan teks 3mm(3). Kemudian setelah selesai kita click OK.

18718_08

Untuk kembali ke tampilan semula (sheet) pada project browser kita clik pada sub dari Sheets (1). Setelah kembali ke tampilan semula kita akan menaruh sekedul revisi yang sudah kita buat tadi ke sheet titleblock caranya pada sub schedules kita drag & drop revision schedule ke title block (2).

18718_09

Kemudian kita atur – atur lebar kolom dengan click & drag pada symbol segitiga hadap bawah (1) Kemudian kita align dan kunci garis paling bawah skedul ke garis diatas kata keyplan.

18718_10

Kemudian kita lanjut ke bagian 2. Tapi di block di bawah key plan. Untuk keyplan lebih bagus nanti kita akan membuat family symbol untuk keyplan. Agar kalau kita setiap berganti project hanya membuat duplicat keyplan. Tidak perlu untuk edit family titleblock hanya untuk mengganti keyplan.

Kemudian kita akan membuat teks yang bisa diubah untuk isi dari title block yang bagian 3. Pada gambar dibawah ini yang saya mark kuning adalah teks biasa (Text) sedangkan yang tidak saya mark kuning adalah teks yang berubah – ubah kita buat dengan label. Cara membuat label sudah pernah saya tuliskan di artikel terdahulu (click disini).

18718_10A

Semua kita buat berdasar pada kesesuaian  judulnya misal untuk subject juga kita buat dengan label sheet name, drawing number kita buat dengan label sheet number demikian juga dengan scale dan tanggal (date). Namun pada judul (subject) terkadang kita mempunyai judul yang panjang, atau dalam 1 lembar ada 2 jenis gambar (1) . Misalnya gambar tampak dan potongan. Padahal pada kategori parameter sheet cuma ada 1 label sheet name. Bagaimana kita menambahnya? Cara yang salah adalah menggunakan field yang tidak terpakai misalnya organization description. Sedang kita akan pakai cara yang benar yaitu dengan membuat  shared parameter . Cara membuat shared adalah click pada tombol add parameter (2).

18718_11

Kemudian terbuka jendela parameter properties kita clik pada select. Kemudian terbuka jendela warning dan kita click yes. Setelah itu akan terbuka jendela Edit shared parameter.  Kita clik create (1) kemudian kita save dengan nama titleblock di tempat yang mudah kita mencarinya. Setelah itu clik new group (2) dan beri nama titleblock juga. Nama – nama tersebut diatas hanyalah contoh. Teman – teman bisa memberi nama sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu kita clik new parameter (3)

18718_12

Pada parameter propertis kita ber nama misalnya sheetname_2, pada discipline pilih common, pada type of parameter kita pilih text. Kita bisa buat sebanyak yang kita mau. Sebagai contoh saya hanya akan membuat 2 saja.  Setelah selesai kita clik OK OK dan OK.

18718_13

Nah setelah itu, kita akan melihat field baru pada parameter sheet yang bisa kita gunakan.

Untuk teks biasa (text) OWNER LOGO HERE seandainya owner adalah pribadi perorangan yang tidak punya logo bagaimana kita menutupinya? Kita tidak perlu menutupinya kita hanya membuat parameter agar teks tersebut tetap ada namun tidak akan tampil pada waktu kita gunakan di project Revit. Caranya kita click pada teks tersebut, lalu pada properties kita hilangkan centang pada Visible.

Setelah semuanya selesai, kita akan membuat group pada bagian 2 ini ditambah revision schedule termasuk garis horizontal. Namun ketika saya mencoba untuk membuat group ternyata ara error. Untuk itu kita group tanpa garis horizontalnya dan akan kita tambahkan nanti dengan edit group. Cara edit group adalah kita clik group yang kita buat tadi lalu kita clik menu edit group. Lalu kita tambahkan garis – garis yang horizontal. Caranya persis kalau kita edit block di AutoCAD. Setelah selesai kita akan buat lagi parameter dimension

Juga pada lebar legend kita buat dimensi parameter. Tapi bukan dari garis perimeter ke garis batas legend. Tapi dari garis perimeter ke garis horizontal group. Cirinya adalah seperti gambar dibawah ini ada titik tebal. Kalau kita tidak mendpatkan titiknya bisa pencet tab sebelum clik pada titiknya. Paramater dimensi tersebut kita beri nama legend.

2018-07-19_010000

Kemudian group kita pindah sedikit ke atas lalu kita tambahkan garis horizontal paling bawah dan tambahkan ke group. Setelah itu kita align ke garis perimeter bagian bawah dan kita kunci.

2018-07-19_010318

2018-07-19_010539

Kira – kira nanti parameter dimensionnya akan seperti gambar berikut :

2018-07-19_010828

Selesailah kita membuat Titleblock untuk lembar gambar. Kita nanti akan mencoba untuk load ke project bersamaan dengan artikel untuk membuat Keyplan.

Tinggalkan Balasan