Membuat Drawing Titleblock (Part 3)

By | 20 Juli 2018

Kita sekarang ada di bagian terakhir untuk membuat Titleblock yaitu pembuatan Keyplan dan penggunaan title block yang sudah kita buat ke project.

Utuk membuat Keyplan seperti biasa kita akan memulainya dengan membuat family generic annotation

New –> Family –> Annotation –>Metric Generic Annotation.

Setelah terbuka kita gambar dengan line. Tapi gambar ini jangan sampai lebih besar dari area yang kita sediakan di title block. Kalau dalam contoh yang saya bikin sekitar 150mm x130 mm.  Untuk mudahnya kita buat dulu garis border (batas) dengan Invisible Line.

Dalam contoh gambar dibawah saya membuat keyplan untuk apartemen. Ada 3 bagian gambar yang saya buat. bagian 1 adalah layout denah. Bagian 2 adalah kompas untuk menunjjukkan arah utara (North) dan bagian 3 section yang menunjukkan lantai dari basement sampai dengan roof top.

NP,WP,EP dan SP adalah untuk bangunan podium dan TW untuk bangunan Tower. Setelah itu kita akan membuat arsiran yang akan menunjukkan bagian bangunan mana yang kita gambar dalam sheet. Untuk membuat arsiran ada di tab menu Create –> Detail –>Filled Region.

Kita bisa menduplikat filled region yang ada atau merubahnya dengan Edit Type di jendela Properties. Sebagai contoh saya mengubanya menjadi abu -abu.  Kita mulai dengan bagian Tower pada denah. Setelah kita membuat filled region bagian TW, kita akan membuat parameternya. Caranya Click pada Filled Region yang sudah kita buat tersebut, lalu pada jendela Properties kita click pada kotak kecil bagian visible.

Selanjutnya akan muncul jendela untuk membuat parameternya. Kita click pada tombol new parameter sebelah kiri bawah

Kemudian akan kita isikan parameternya seperti biasanya. Yang perlu diperhatikan adalah type paramaternya kita pilih yang instant. Bisa juga kalau kita pilih yang Type namun kita nanti harus membuat banyak type dan akan membuat bingung kita nanti saat kita load ke project. Karena akan banyak pilihan type.

Setelah itu kita clik OK.

Kita ulangi pembuatanya pada semua bagian yang nantinya akan menunjukkan  tempat dimana gambar yang ada di sheet. Setelah selesai kita save family keyplan tersebut di tempat yang memudahkan kita cari saat penggunaanya di project.

Nah sekarang saatnya kita Load Family Titleblock dan Keyplan yang sudah selesai kita buat bersama – sama ke dalam sebuah Project.  Untuk memulai sebuah project kita klik new project pada revit. Pada template file kita pilih None kemudian kita pilih juga Create New Project Template

180720_6

Kemudaian kita pilih Metric . Setelah itu pada project browser kita clik kanan pada sheets(all) kemudian kita click new sheet.

180720_7

Kemudian muncul jendela New Sheet, kita akan masukkan Titleblock yang sudah kita buat dengan click load. Kemudian kita arahkan ke path dimana kita menyimpan Titleblock. Kita sudah membuat 2 Titleblock yaitu untuk Cover dan untuk kop gambar. Kita Load keduanya satu per satu.  Sehingga nanti pada Jendela New Sheet akan seperti gambar dibawah ini :

180720_8

Nah kita tinggal pilih ukuran A0, A1 atau A2. Sebagai contoh kita akan membuat sheet baru untuk halaman cover di kertas A1 kemudian kita clikc OK. Loh kok hanya muncul logo? Sebenarnya ketika kita memulai project harusnya kita mengisi project information dulu. Karena ini baru untuk template makanya dari awal saya tidak isi dulu. Agar nantinya ketika kita memulai project tidak lupa, maka di template ini akan kita isi project information contoh. Inilah pentingnya template agar kita selalu mengisi project information terlebih dahulu. Caranya adalah clik pada tab menu ribbon Manage –> Setting –> Project Information

180720_9

Kemudian kita isikan form yang ada dengan project dummy (contoh). Setelah kita isikan dan clik OK maka titleblock untuk cover, tulisnnya sudah muncul seperti gambar dibawah ini :

180720_11

Kemudian kita akan membuat sheet baru lagi untuk halaman gambarnya. Caranya bisa seperti yang tadi yaitu lewat project browser. Atau lewat menu ribbon yaitu pada tab View –>Sheet composition. Kita juga bisa load titleblock dari sini.

180720_12

Selanjutnya kita akan menaruh keyplan di Titleblock untuk lembar gambar. Kita load family keyplannya  lewat menu ribbon tab Insert—>Load Family.  Setelah itu kita masukkan keyplannya lewat menu ribbon tab Annotate –> Symbol. Kemudian kita taruh dibagian keyplan pada Titleblcok.

Defaultnya pada keyplan semua hatch muncul. Untuk memilih mana yang akan muncul dan atau mana saja yang akan dihilangkan. Kita click Family Keyplan tersebut dan di Jendela properties kita hilangkan centangnya jika hatch ingin dihilangkan. Didalam contoh berikut saya pilih kawasan North Podium lantai Basement 1

180720_13

Setelah OK kita akan save file ini sebagai template. Namun nanti kita akan kembali melanjutkan file template ini agar bisa siap untuk digunakan sewaktu kita mengerjakan project. Jadi saya harapa file ini jagan hilan ya teman – teman. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan