Membuat Family Grid Head

Grid Head atau keterangan nama pada grid dalam Revit termasuk pada family annotation. Sama seperti jika kita membuat grid head di AutoCAD yang menggunakan block dengan attribut.  Namun tidak seperti dalam AutoCAD yang harus kita masukkan namanya satu per satu. Di Revit bisa langsung mengikuti urutannya .

OK untuk memeulai membuat grid head seperti biasa kita akan klik pada menu New –> Family kemudian kita pilih pada folder Annotations :  Metric Grid Head.  Setelah terbuka kita ikuti catatan – catatan yang ada yaitu : Center dari grid head adalah pada pertemuan ref.plane (garis putus- putus hijau. garis referensi) Grid line akan terputus pada bagian terluar dari grid head yang akan kita buat.  Garis contoh (dummy line) merupakan orientasi dari grid line nantinya. Hapus catatan dan garis contoh (dummy line) sebelum memulai membuat Grid Head.

180921_01

Kemudian kita akan membuat 2 type grid head yaitu dengan tinggi huruf 5mm dan 8mm untuk sementara. nanti kita bisa edit sesuai dengan kebutuhan. Mengapa harus 2 type? karena dalam Revit, sebuah family tidak bisa di perbesar atau di perkecil.

Seperti biasa kita akan menduplikat teks Label yaitu teks dengan ketinggian 5mm dan 8mm. Caranya sudah saya tuliskan pada artikel Membuat Drawing Titleblock (part 1). Kemudian kita clik di perpotongan ref.plane dan akan muncul jendela untuk mengatur para meternya. Kemudian kita tambahkan parameter yang tersedia yaitu name dan ganti sample value misal dengan A. Lakukan untuk kedua jenis Label (5mm dan 8mm) namun kita taruh agak kebawah dahulu agar nanti mudah dalam memilih (select). Kemudian kita buat lingkaran atau kotak terserah bagaimana nanti model grid head yang teman – teman inginkan.

180921_02

Kemudian kita akan membuat parameter visibility untuk type yang 8mm dan 5mm. Kita mulai dari yang 8mm terlebih dulu. Caranya select pada lingkaran dan label 8mm. Kemudian pada jendela properties kita clik pada kotak kecil di sebelah visible. Kemudian kita buat new parameter dengan name 8mm, group parameter under : visibility jenis para meter : type. Lakukan juga pada grid head yang 5mm.

180921_04

Setelah itu kita geser grid head agar bertumpuk pada posisi yang sama

2018-08-21_065313          180921_05

Setelah itu pembuatan parameter Type sudah bisa dilakukan yaitu dengan clikc pada menu ribbon Properties –> Family Types

180921_06

Kemudian kita buat New Type 8mm (1)  dengan pilihan visibility 8mm yang dicentang dan hilangkan centang pada visibility 5mm (2)  demikian juga sebaliknya buat yang  5mm.

180921_07

Kemudian kita save dan siap di-load ke dalam template yang sudah kita buat.

 

Tinggalkan Balasan