Tag Element Revit

Setiap gambar teknik pasti memiliki keterangan – keterangan teks pada elemen – elemen yang ada. Di Revit ada 2 jenis family untuk memberi keterrangan (Tag) yaitu Tag by Category dan Multi Category Tag. Apa perbedaaan antara keduanya adalah. Tag by Category digunakan jika kita membuat keterangan berbeda antar elemen. Misalnya pada contoh gambar di bawah ini :

2018-09-06_053803

Keterangan untuk kolom maupun balok kita bisa menggunakan Multi Category Tag karena hanya berupa huruf – huruf. Sedangkan untuk Slab (lantai) menggunakan Tag by Category karena selain huruf juga ada lingkaran. Jadi intinya Tag by Category kita gunakan kalau tampilan notasi berbeda dengan notasi pada umumnya yaitu hanya teks.

Yang perlu diperhatikan pada saat kita membuat Family Tag baik itu Tag by Category maupun Multi Category Tag adalah apa properties yang kita isikan kedalam family. Teman – teman bisa baca dalam artikel  Semua harus sama apakah itu pada isian Type Mark atau Type Name. Kalau dalam template standard adalah menggunakan Type Name dan merupakan nama dari elemen tersebut apakah beam 300×300, concrete colum 250×250 dll. Sedangkan biasanya dalam gambar teknik di Indonesia menggunakan notasi – notasi seperti contoh gambar diatas B.01 B.02 dan seterusnya. Untuk itu lebih tepatnya kita pergunakan Type Mark.

Untuk membuat Family Tag, seperti biasa kita memulai dari New—>Family—> Annotation—>Metric Generic Tag/Metric Multi-Category Tag.  Saya akan membuat contoh tag untuk structure slab dengan template Generic Tag. Untuk beam dan column itu lebih mudah karena hanya teks dan bisa menggunakan Multi Category Tag yang caranya sama dengan Tag by Category.

Setelah terbuka, kita pilih kategori untuk slab tag. Caranya dari menu ribbon Properties –> Family Category and Parameters.

Lalu kita pilih Floor Tags dan click OK

Seperti biasa kita hapus terlebih dahulu teks keterangan. Kemudian kita gambar 2 lingkaran. 1 untuk informasi kode slab 2 untuk ketebalan dan elevasi. Kemudian kita masukkan Label. Disini saya menggunakan 2 jenis Label yaitu 5mm dan 3mm. Parameter labelnya

  • Type Mark (5mm)  digunakan untuk notasi dari slab misal S1
  • Elevation on Top (3mm) digunakan untuk elevasi pada slab
  • Default Thickness (3mm) digunakan untuk ketebalan slab

 

untuk yang masih bingung cara membuat label bisa baca artikel berikut terlebih dahulu

Tinggalkan Balasan